Vought V-173, Inikah Pesawat Klasik Terunik di Dunia?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id — Vought V-173, atau yang juga dikenal dengan sebutan “The Flying Pancake” mungkin bisa disebut sebagai salah satu pesawat terbang terunik yang pernah ada di dunia.

Disebut unik karena bentuk pesawat ini gepeng serta pipih dengan bagian depan agak mendongak ke atas. Kalau dilihat sekilas, Vought V-173 mirip kue dadar pancake bila dilihat dari sisi atas, dan mirip kepiting raksasa saat dilihat dari sisi bawah.

Ide utama pembuatan Vought V-173 dimulai sekitar tahun 1940 saat Angkatan Laut Amerika Serikat mencari pesawat terbang berukuran kecil yang mampu lepas landas dan mendarat tanpa perlu landasan yang panjang, misalnya pada kapal tanker, kapal penjelajah, dan kapal-kapal lainnya.

photo from oldmachinepress.com

Keinginan memiliki pesawat dengan kemampuan tersebut muncul untuk menghadapi serangan dari udara dan dari kapal selam pasca serangan Jepang terhadap Pelabuhan Pearl Harbour.

Tapi sayangnya, setelah pesawat Vought V-173 diperkenalkan ke publik dan akan diproduksi secara besar-besaran, permintaan terhadap pesawat ini malah sangat rendah.

Meski demikian, pesawat ini sempat digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1942. Dan penerbangan terakhir pesawat unik ini berlangsung pada tahun 1947.

Pesawat yang dibuat oleh desainer asal Amerika Serikat bernama Charles H. Zimmerman ini memiliki struktur sayap besar yang menyatu pada badan pesawat. Struktur tersebut sengaja dimunculkan untuk menciptakan daya angkat pesawat.

Uniknya lagi, pada saat melayang di udara, pesawat yang menggunakan dua baling-baling di bagian depan ini posisi badannya tetap agak mendongak ke atas, persis seperti kondisinya di darat saat tidak terbang.

Meskipun sudah tidak dioperasikan lagi, pesawat yang tidak membutuhkan landasan yang panjang untuk proses pendaratan dan lepas landas ini masih bisa ditemukan di beberapa museum di Amerika Serikat. (bdn)

Share.

Leave A Reply