Wow! Ternyata Ini Helikopter Tertangguh di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id — Ingin tahu apa nama helikopter angkut yang paling tangguh di jagat ini? Namanya adalah Mil Mi-26. Dirancang oleh Mil Moscow Helicopter Plant dari Uni Soviet/Rusia, Mi-26 menjadi helikopter angkut berat yang biasa digunakan untuk keperluan militer dan dinas sipil.

Mi-26 dirancang pada awal tahun 1970-an untuk menggantikan helikopter Mil Mi-6 dan sebagai tindak lanjut atas dihentikannya proyek helikopter raksasa Mil Mi-12. Versi produksi Mi-26 di-roll-out pertama kali pada tahun 1980 dan segera diaktifkan untuk kepentingan militer dan sipil.

Panjang badan Mi-26 mencapai 40,3 m dan tinggi 8,2 m. Berat kosong helikopter ini adalah 28,2 ton, sedangkan berat maksimum saat lepas landas mencapai 56 ton. Ukurannya kurang lebih sama dengan Mi-6, tapi bobot Mi-26 lebih berat dibanding Mi-6.

Helikopter perkasa ini mampu mengangkut peralatan militer berat, seperti kendaraan tempur pembawa personil dan peluru kendali balistik antar benua.

pinterest.com

Sementara untuk kepentingan sipil, helikopter ini acap digunakan untuk membantu eksplorasi dan eksploitasi kawasan-kawasan pedalaman yang belum terjamah, di samping membantu pembangunan infrastruktur, seperti jembatan dan sambungan listrik.

Mi-26 juga merupakan helikopter pertama di dunia yang menggunakan delapan bilah baling-baling utama. “Helimonster” ini dibekali dua mesin turbin yang lebih bertenaga dibandingkan Mi-6, yaitu Lotarev D-136 yang satunya berkekuatan 11.399 shp.

Bahkan Mi-26 juga masih sanggup terbang jika salah satu mesin berhenti beroperasi, berkat adanya engine load sharing system.

Mi-26 pun sudah pernah mengudara di Somalia, Kamboja, Indonesia, memadamkan api di Yunani, bahkan digunakan di bekas wilayah Yugoslavia sebagai bagian dari operasi PBB dalam menjaga perdamaian.

 

Si Sapi Terbang

Julukan “Sapi Terbang” pernah disandang Mi-26 lantaran kemampuannya yang mencengangkan. Tank amfibi andalan Marinir BMP-3F atau truk Ural 4320 mampu dibawa dengan mudah oleh Mi-26.

Bahkan dalam hal mengangkut pasukan, kapasitas Mi-26 bisa menandingi daya tampung pesawat C-130 Hercules, di mana satu kompi pasukan infanteri bersenjata lengkap dapat diangkut.

Jadi tak mengherankan bila Mi-26 memecahkan banyak rekor. Antara lain, pada tahun 2002, mengangkut helikopter transportasi militer milik NATO CH-47 Chinook, yang ditembak jatuh di pegunungan Afghanistan.

pinterest.com

Pada Februari 2012, Mi-26 mengangkut pesawat jet Tu-134 buatan Uni Soviet, yang memiliki panjang 30 meter dan berat lebih dari 40 ton. Pesawat jet tersebut dikirim dari Saint Petersburg ke lokasi uji coba di Nizhny Novgorod untuk digunakan oleh pasukan khusus dalam operasi antiteroris.

Lalu, pada Mei 2015, Mi-26T mencetak rekor lainnya. Helikopter ini mampu mengangkut ‘kembarannya’ sendiri atau model yang sama yang berbobot 14 ton, dari Ioshkar Ola menuju ke Kota Rostov untuk diperbaiki. (bdn)

Share.

Leave A Reply